View from the Bottom

March 3, 2015 § 5 Comments

DSC08817

Bagi yang sudah mengenal gue sejak lama, pasti tau kalau gue dulu pernah sangat ingin menjadi pramugari. Sejak SD cita-cita gue pengen jadi pramugari, dan walaupun di pertengahan masa labil cita-cita gue mencong-mencong ke sana sini akhirnya selepas kuliah gue pernah beneran apply untuk jadi pramugari. Kalau ditanya kenapa gue pengen jadi pramugari, gue juga gatau jawaban yang paling tepat itu apa. Mau jawab “karena saya ingin melayani orang” kog terdengar terlalu bullshit, mau jawab “karena gajinya besar” juga terdengar kurang berkualitas. Yang pasti emang dari kecil gue selalu suka ke bandara dan selalu suka naik pesawat. Ditambah lagi bonus kalau jadi pramugari adalah bisa jalan-jalan ke banyak tempat. Pas SMA sempet sih cita-cita gue ini naik pangkat dikit yaitu pengen jadi pilot. Tapi lalu mata gue mulai mengalami kerusakan dan gue tetep berpendapat bahwa seragam pramugari lebih cantik daripada seragam pilot. Untuk ukuran anak SMA pemikiran gue ini memang agak kurang intelek. Cuma yah intinya adalah, dulu, untuk waktu yang sangaaaat lama, gue pernah bercita-cita untuk berada di atas sana.

Salah satu bukti

iseng😀

Tapi lalu semuanya berubah. Pemikiran gue berubah, keputusan yang harus diambil berbeda, waktu terus mengalir, gue tambah tua, dan tentunya Tuhan berkehendak lain. Untuk saat ini gue tengah menjalani pekerjaan yang jauh sekali berbeda dengan cita-cita gue ketika kecil dulu. Dengan kolega dan stakeholder yang 180 derajat berbeda, memakai pakaian dan fasilitas yang bagaikan langit dan bumi dengan cita-cita gue dulu, dan tentunya mendapat pemasukan yang jauh sekali iming-imingnya si cita-cita itu. Cuma satu hal yang sama sih: sama-sama bikin happy. Kalau dulu imajinasi tentang gue menjadi seperti yang gue cita-citakan itu aja udah cukup bikin happy, sekarang gue berada di tempat ini melakukan pekerjaan ini juga bikin gue happy.

Dan pastinya sekarang nggak terdengar bullshit lagi kalo gue dikasi pertanyaan kenapa lo mau melakoni pekerjaan lo sekarang dan gue jawab “karena saya ingin melayani orang”.

IMG_20140829_060534

Inilah yang sering nempel di otak gue kalau lagi milir mudik Nanga Bungan – Putussibau. Sambil gue (berusaha untuk) baring di perahu, gue nengok ke atas dan kedip-kedip sama awan-awan di langit sana. Sambil senyum gue pun ngomong dalam hati. “Gila ya, dulu gue mimpi untuk ada di atas sana. Melihat dunia dari balik awan. Dan sekarang gue ada di tempat yang paling bawah. Cuma bisa memandangi awan dengan tatapan takjub karena benda itu guedeee banget. Dan cantik. Dan pengen gue comot karena beneran mirip kembang gula.”

Apakah gue merasa sedih? Nggak sih. Cuma lucu aja. Sambil terombang-ambing di perahu, gue semakin diyakinkan bahwa Tuhan punya selera humor yang cukup tinggi. Karena Dia juga suka kebalik antara “atas” sama  “bawah”. Huhehe. Tapi yang pasti Dia emang selalu jauh melampaui akal pikiran manusia, karena ternyata, di luar ekspektasi lo, pemandangan dari bawah pun indahnya luar biasa. Dan rasanya macam-macam. Dan pengalamannya tak terbayar.

Dan video di atas, adalah cuplikan pemandangan dari bawah sini. Banyak hal yang bisa lo rasakan kalau lo berada di dalam perahu kayu selama 6 sampai 7 jam tanpa atap. Ada kalanya mataharinya bersahabat sehingga perjalanan lo menyenangkan. Ada kalanya si matahari laper, jadi rese. Panasnya nggak pake ampun. Ada kalanya mendung nyaris gerimis tapi ngga jadi hujan, jadi meskipun lo udah sigap dengan kantong plastik untuk nutupin tas lo, lo ga perlu khawatir karena ternyata ga jadi hujan dan lo ga perlu takut basah.

Nah tapiii ada kalanya juga hujan yang tidak diharapkan datang dan membawa segerombolan teman-temannya, menjadi hujan deras, lalu naik pangkat jadi badai. Nah…. di situ.. kadang… saya merasa…….. lepek.

Tagged: , ,

§ 5 Responses to View from the Bottom

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading View from the Bottom at Eavesdrop on Me.

meta

