[Sahabat Pena-an Yuk!] Guru Nulis Berdiri, Murid Nulis Berlari

October 29, 2014 § 3 Comments

Sebenarnya judul di atas rada-rada ga nyambung sama isi postingan blog ini sih.. Ini ceritanya saya cuma mau bilang bahwa saya, Sangalian Jato, yang umurnya udah hampir seperempat abad dan (tadinya) hidup di lingkungan serba instan dengan akses internet di mana-mana ini masih juga hobi nulis buku harian dan surat-suratan.

Oleh karena itu ketika saya secara ajaib bisa jadi Pengajar Muda dan ditempatkan di sebuah sekolah dasar di hulu sungai Kapuas, hal pertama yang saya ajarkan kepada murid-murid saya adalah menulis!

PR IPA

PR IPA

Huhehe mimpi saya sih pengen membiasakan mereka menulis jurnal (atau istilah konvensionalnya “buku harian”) seperti yang dilakukan oleh guru jadi-jadiannya ini :p Tapi karena murid-murid saya masih kelas 3 dan susunan kalimatnya masih agak kurang jelas, jadi saya masih sampai di tahap memperbaiki tulisan mereka kalimat per kalimat.

Surat untuk Pak Guru

Surat untuk Pak Guru

Di atas adalah contoh tulisan salah seorang murid saya di hari pertama saya mengajar. Ketika itu secara bebas saya biarkan murid-murid saya menulis surat selamat Idul Fitri untuk para Pengajar Muda sebelum saya. Hasilnya beragam, ada yang tulisannya rapi, ada yang warna-warni, dan ada yang tata bahasanya masih perlu dipoles. Namun  itu justru menjadi pijakan awal saya untuk mengajar, karena saya bisa mengetahui di mana start point mereka.

Puji Tuhan sekarang mereka sudah mulai bisa menulis lebih rapi dan membedakan penggunaan huruf kapital dan huruf kecil. “Proyek” menulis mereka yang terakhir adalah membalas surat dari anak-anak di  SD GMIT Oeulu, Rote Ndao, sebuah sekolah yang menjadi penempatan rekan sesama Pengajar Muda.

Berikut adalah cuplikan keceriaan murid-murid kelas 3 SDN 17 Nanga Bungan menerima surat dari Rote🙂 Videonya memang berakhir kocak karena keadaan kelas mendadak tidak tenang, tapi terlihat betapa antusiasnya murid-murid saya berkenalan dengan orang luar dan membalas surat dari sahabat-sahabat pena mereka yang baru.

Mau ikutan menambah keceriaan kelas kami dan berkenalan dengan anak-anak luar biasa dari hulu sungai terpanjang di Indonesia? Kasi tau saya ya🙂

Tagged: , ,

§ 3 Responses to [Sahabat Pena-an Yuk!] Guru Nulis Berdiri, Murid Nulis Berlari

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading [Sahabat Pena-an Yuk!] Guru Nulis Berdiri, Murid Nulis Berlari at Eavesdrop on Me.

meta

