Ooh ternyataaa….

July 23, 2014 § 5 Comments

Rabu, 16 Juli 2014 – Nanga Bungan, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat

View from the Top

  1. Hari pertama sekolah itu ga cuma bikin gugup muridnya, tapi juga gurunya :3
  2. Jika murid-murid tampak kebosanan atau sibuk sendiri di kelas, itu bukan sepenuhnya salah mereka. Bisa jadi emang gurunya ga bisa me-manage kelas…. (sigh)
  3. Harus masuk sekolah jam 7.15 dan baru mandi jam 7 itu bukan ide baik. Agak malu juga begitu keluar rumah pake kain dan bawa ember mandi terus ketemu murid-murid yang udah pake seragam rapi nggak sabar mau mulai sekolah…
  4. Anak-anak pedalaman juga hafal marsnya Jokowi. Dan juga Prabowo. Dan mereka tahu istilah Pemilu Legislatif!! Terharu…
  5. Bahasa Korea sama bahasa Bungan beda-beda tipis. Banyak eo eo nya… ehuhehehe.
  6. Buku itu benar-benar jendela dunia. Setelah bertahun-tahun hidup dengan kemewahan internet lalu tiba-tiba kemewahan tersebut direnggut, saya sangat bersyukur ada banyak buku bacaan di rumah dan sekolah untuk bahan belajar dan mengajar. Terima kasih ya wahai penulis, penerbit, donatur, dan para pengantar buku-buku tersebut. Saya berhutang budi *salim*
  7. Tokek tuh bentuknya begitu!! Omg cicak versi gede….
  8. Sejernih-jernihnya air sungai di hulu tetep aja lebih jernih air hujan. Dan gue ga pernah sadar betapa pentingnya air hujan dalam hidup gue sampe sekarang :3 Kayanya balik ke Jakarta nanti gue bakal dikit-dikit bawaannya sigap ngeluarin ember penampung air deh kalau hujan turun..
  9. Pelajaran Fisika soal listrik dan teman-temannya itu sangat.. sangat… penting!! Terutama kalau lo berniat tinggal di rumah sendiri. Dan rumah lo ngga dialiri PLN jadi ngga bisa kapan saja protes ke PLN terus mas-masnya dateng.
  10. Begitu pula dengan pelajaran Tata Boga.
  11. Dan juga pelajaran olahraga, terutama bagian permainan volley. Ini khusus kalau lo mau hidup di Hulu Kapuas seperti gue sih, or else lo bakal jadi lawakan satu desa berusaha ngejar-ngejar bola dengan gaya yang nggak masuk akal di tengah lapangan sore-sore.
  12. Berenang juga penting! Dan yang gue maksud di sini bukan berenang cantik di kolam, melainkan berenang melawan arus. Ini sangat-sangat krusial kalau lo mau bonding secara cepat dengan anak-anak pedalaman Hulu Kapuas ketika main hanyut (=main arung jeram tapi tanpa perahu, alias orangnya aja gitu hanyut di antara jeram berbatu dan berarus).
  13. Bakar sampah itu ada triknya. Bakar yang mudah terbakar dulu, dan dari bawah. Sia-sia lo berusaha bakar tumpukan paling atas; udah girang liat apinya besar menari-nari terus lo baru sadar yang kebakar bagian atasnya doang!! (aigooh…)
  14. Duduk sambil nungguin sampah lo terbakar juga ada triknya. Jangan pernah duduk melawan arah angin berembus. Kasian paru-paru dan mata lo. Nyeseknya beda tipis sama pas kelaperan masak nasi tapi nggak mateng sempurna.
  15. Hidup tanpa sinyal tuh gini toh rasanya…… (lalu hening)

Terima kasih untuk hari pertama yang spesial, Bungan.

Tidak sabar untuk bertemu dengan ribuan ternyata-ternyata lainnya🙂

 

Tagged: , , , , ,

§ 5 Responses to Ooh ternyataaa….

  • Sounds familiar! Hahahaha…
    Nikmati ya Sal.. Baca ini rasanya kayak flashback walaupun gak sama2 amat. Di desa gw alhamdulillah air gampang. Kalo di rumah airnya agi kering, tinggal ke rumah tetangga yang aliran airnya beda.😀
    Btw gak tinggal sama hostfam ya? Take care, Sali. Looking forward to curhatan2 selanjutnya hehe..

    • cutesalmon says:

      Ahahah Icha! Iya nih gue lagi ngulang kehidupan lo beberapa tahun lalu :)) Iya nggak tinggal sama hostfam, nerusin PM sebelumnya tinggal di rumah dinas guru. Take care juga di sana! Dan wish me luck :p

  • Eveline says:

    Sal lu kok keren bgt sih? bangga punya temen ky lu hehe..klo gw yg dsana blm tentu bs survive kynya, ga bs maen volley dan brenang, klo gw dsana bisa kebawa arus dong gw? hahaha selamat liburan lebaran ya sali!

    • cutesalmon says:

      hahaha gue lebih bangga lagi punya temen kayak lo lah, survive di 직장 생활 korea yang mengerikan. gue aja ngga tahan hehe. kalo lo ke sini ntar gue pinjemin pelampung dan murid-murid gue akan dengan sigap menangkap elo kalo kebawa arus, jadi ga usa khawatir pel. hehehe makaci apple! salam ya buat semuaaa❤

  • Keven says:

    Di pedalaman sana ada Internet ga? Gimana caranya lu bisa ngeblog dari sana? Terus selama setahun lu terus di sana ga pulang-pulang ke peradaban, atau boleh pulang ke rumah selama beberapa waktu sekali?

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Ooh ternyataaa…. at Eavesdrop on Me.

meta

