Menuju IM

March 10, 2014 § 10 Comments

Berikut highlight kehidupan saya beberapa bulan ini.

1 November 2013 adalah hari pertama dibukanya pendaftaran untuk jadi Pengajar Muda angkatan 8. Langsung buat account di websitenya, tapi seketika juga nyerah pas nyampe di bagian mengisi esai. Kejam sekali sodara sodara,, esainya terlalu panjang, bahkan untuk saya yang (ngakunya) hobi ngeblog. Berhari-hari formulir aplikasi ini tergeletak begitu saja, sampai menjelang 15 Desember 2013 (hari penutupan pendaftaran) saya bolak balik dikirimin email reminder untuk menyelesaikan aplikasi saya :p

Form

Cuma yah anyway saya kerjain juga sih esainya. Daaan… tentunya bukan Sali namanya kalau nggak submit aplikasi di detik detik terakhir…. hahahah ngakunya niat tapi kelakuan minus.

Selesai mengirim aplikasi, saatnya saya nyantai-nyantai nunggu hasil🙂 Kalau emang udah jalannya ya paling dipanggil interview, kalau enggak ya berarti saya harus mencerdaskan anak bangsa dengan cara lain.

Walaupun sejujurnya agak ngeri juga, karena menurut info yang saya dapatkan, biasanya yang ngirim aplikasi itu ribuan tapi yang dipanggil interview cuma sekitar 300 orang.

Namun ternyataaaa Tuhan berkehendak baik! Hore!

Sekitar 298 pendaftar disaring dari total 9359 aplikasi online. Lumayan bikin nyengir sih sampe tahap ini. Heheh pengumuman resminya bisa klik di website Indonesia Mengajar: Pengumuman Hasil Seleksi Tahap I Pengajar Muda Angkatan VIII

Tanggal 20 Januari 2014 saya pun ikut Direct Assessment. Seharian penuh saya ambil off dari kantor untuk mejeng di tempat DA yang sudah ditentukan guna mengikuti serangkaian seleksi dari IM. Rangkaian seleksinya sendiri terdiri dari buanyuaaak buanget tahap. Ada presentasi diri, group discussion, interview sepanjang 1 jam lebih, tes psikotes, sampai simulasi ngajar. Kalau diinget-inget ketika itu persiapan saya biasa biasa saja; nggak berlebihan tapi nggak kekurangan juga. Cumaaa begitu hari seleksi tahap 2 itu terlewati rasanya langsung down banget dan pesimis karena saya berasa… performa saya biasa-biasa saja juga. Hahaha lebih lengkap tentang seleksi tahap 2 ini kapan-kapan saya bikinin tulisannya deh, waktu itu saya mengurungkan niat untuk nulis draft karena pesimis lolos😀

Anyway masuk ke pasca Direct Assessment alias seleksi tahap II, saya mulai cemas-cemas harap (banyakan cemasnya daripada ngarepnya) apalagi setelah diberi tahu bahwa pengumuman hasilnya nggak serentak, alias nggak ada tanggal pasti. Beruntung kerjaan saya di kantor juga lagi gila-gilanya, sampe saya “agak lupa” sama Indonesia Mengajar hingga suatu siang saya dapet email ini……

WAAAA GIRANG BUKAN KEPALANG.

Hahah asli deh sebelumnya saya super pesimis, soalnya kandidat lainnya itu keren keren banget pas seleksi tahap 2. Saya bahkan sempet mogok ngomong dan menolak membahas soal kelangsungan Direct Assessment itu sama kakak F :p saking ga yakinnya..

Kemudian tahap terakhir adalah Medical Check Up, yang ulasannya sudah saya post di sini secara implisit hehehe. Sempet khawatir karena menjelang MCU saya pilek agak parah dan terpaksa minum obat pilek, sampe sehari sebelum MCU saya bela-belain minum Bear Brand padahal nggak pernah minum sebelumnya.

Untung saja saya dinyatakan sehat dan email ini pun dataaang……

^_______^

Jadiii….

Tanda tangan kontrak sudah, mengajukan resign sudah.

Berikutnya?

Karantina mulai April 2014. Wish me luck!🙂

Tagged: , ,

§ 10 Responses to Menuju IM

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Menuju IM at Eavesdrop on Me.

meta

