Selamat Datang Kembali di Jakarta

November 30, 2013 § 4 Comments

Delapan minggu semenjak menginjakkan kaki kembali di Jakarta, dua belas hari setelah mencicipi umur baru.

Berikut isi otak saya akhir-akhir ini…

1. Jakarta tuh panas ya.. panasnya pake banget… tapi kenapa ya gak bisa pake celana pendek di Jakarta? Bukan bermaksud sok seksi atau pamer, tapi sungguh deh panasnya gak termaafkan..

2. Kenapa sih Jakarta gak punya trotoar? Dan tempat nyeberang yang bener? Gue ga bisa nyalahin manusia berseliweran di jalan raya dan nyebrang sembarangan lagi sekarang, wong ternyata emang trotoar itu nyaris nggak ada di Jakarta. Dan zebra cross? selamat mencari sendiri.

3. Well sebenarnya jembatan penyeberangan masih banyak sih, tapi jujur naik jembatan penyebrangan sensasinya kayak mau naik halilintar. Serem. Bolong-bolong. Antara takut jatoh dan takut rok gue diintipin orang di bawah (macemnya anak SD banget gue ngomong kayak begini, tapi beneran deh itu tangganya bolong bolong…..)

4. Masih dengan topik berjalan kaki, agaknya fasilitas untuk para pejalan kaki yang nggak terlalu baik di Jakarta ini membuat orang-orang udah males banget kalo musti ke mana-mana jalan kaki. Jarak yang sebenernya deket pun dianggap jauh oleh kebanyakan orang di sini (atau at least di sekeliling gue) dan ini mengakibatkan gue sering banget dapet tatapan aneh dari temen-temen gue kalo gue bilang mau jalan kaki karena toh jaraknya cuma 2 kilo. Misalnya dari ambassador mau ke plaza semanggi, gue ngotot mau jalan kaki dan temen-temen gue mengecap gue gila seraya memaksa gue naik taksi… Hmmm gue yang aneh ya?

5. Nyambung sama poin sebelumnya, mungkin alasan lain orang-orang melarang gue jalan kaki ke mana mana adalah karena udah ga aman lagi sih Jakarta ini. Selain kemungkinan lo ditabrak pas lagi jalan kaki cukuplah besar (again.. thanks to trotoar trotoar yang eksistensinya hampir nol), juga karena lo bisa apa kalo tiba-tiba segerombolan preman menghadang lo pas lo lagi jalan kaki dengan riang gembira? Oke alasan keamanan ini cukup masuk akal sih di otak gue.

6. Dulu gue pikir asap rokok itu udah polusi paling membunuh di dunia. Kebencian gue sama asap rokok sebenarnya cukup tinggi :3 Namun sekarang selaamat! Asap rokok udah turun level! Gue ketemu polusi udara berikutnya yang sangat gue benci akhir-akhir ini.. yakni asap knalpot. Nah jackpot tuh kalo lo lagi nunggu bus di pinggir jalan sambil samping sampingan sama orang orang merokok. Pengen bawa tabung oksigen sendiri rasanya.

7. Kapan ya Jakarta bebas macet?

8. Perasaan dulu pas masi kecil ngerencanain perjalanan di dalam kota Jakarta gak sampe berjam-jam, kenaapa sekarang harus kayak mau ke luar kota gini sih waktu tempuh ke manamana?

9. Gue bahkan sekarang udah sampe di pemikiran bahwa mungkin memang kota ini nggak layak dikelilingi naik kendaraan roda empat. Gue udah sampe di tahap di mana gue mikir bahwa sepeda motor diciptakan dengan tujuan yang sangat mulia (padahal biasanya gue benci banget liat motor kalo lagi di dalam mobil). Pas gue bilang sama nyokap “ma apa sali bawa motor aja ya…” dia cuma jawab setengah ga peduli “terserah“. Sementara abang gue tanpa ekspresi berkomentar “coba aja kalo berani ajuin proposal ke papa, abang aja bawa motor dilarang, apalagi kamu..” yang mana mungkin dia ada benarnya, bokap gue pasti nggak ngizinin. Phew… mungkin sudah saatnya berinvestasi membeli helikopter.

10. Padahal sebenernya Jakarta cantik loh. Coba deh ngebut di sepanjang jalan Sudirman sampe ke Monas. Malem malem tapi yah.. udah gelap dan cuma lampu-lampu kota yang nyala. Hihi pasti bakal lebih cantik lagi kalau pohon pohon itu didekorasi pake lampu Natal warna warni. Ato ga jalan Diponegoro! Sepanjang jalan ini juga pohon pohon cemaranya rindang banget kan. Bakal bagus banget loh kalo dikasi pita pita merah.. atau salju boongan.. atau ya tentunya lampu kelap kelip ^.^ Ah ini mah emang khayalan gue doang.

Happy Weekend, all!

25 days to Christmas, 21 days to December 21🙂🙂

ps: foto diambil dari sini http://www.habegraphy.com/?gallery=jakarta

Tagged: , , ,

§ 4 Responses to Selamat Datang Kembali di Jakarta

  • Di Jalan Sudirman trotoar lumayan lebar tapi banyak orang jualan plus ojek suka lewat seenak jidat. Kalo ada ojek lewat suka aku biarin aja, jalan di tengah biar dianya kagok haha.. (untung so far blm pernah ditabrak :p). Di sekitar museum nasional itu tuh yang enak trotoarnyaa..seingetku sih ga ada tukang jualan juga. Nyaman deh.

    • cutesalmon says:

      iya benaaar! kalau di jalan sudirman itu masih nyaman dan terpelihara, tapi kalau jalan-jalan lain atau contoh jelasnya sepanjang satrio/kasablanka yang aku lewatin tiap hari… aduuuh mau jalan kaki aja harus bolak balik nengok ke belakang takut disenggol mobil. lama lama musti bawa kaca spion sendiri kayanya hehehe.

  • Shii says:

    Ayo Sali angkat suara nyalonin diri jadi mentri transportasi ato tata kota gitu… Gw dukung deh 100%!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Selamat Datang Kembali di Jakarta at Eavesdrop on Me.

meta

%d bloggers like this: