Day 30 : Why Do You Blog?

November 8, 2013 § Leave a comment

Saya menulis karena saya introvert.

Saya menulis karena dulu, bertahuuun tahun yang lalu, saya jauh lebih pendiam daripada saya yang sekarang. Saya tidak punya banyak teman, saya tidak suka membagikan cerita saya. Teman berbagi cerita saya dulu itu ya, hanya buku diary. Journal lebih tepatnya, kalau menggunakan istilah saya sendiri.

Awalnya saya menulis di buku betulan. Awalnya saya menulis dengan tangan dan pensil.

Awalnya saya rajin menuliskan apa saja kegiatan saya sepanjang hari, seperti layaknya buku “diary” pada umumnya. Pagi ini ngapain, siangnya ketemu siapa, malamnya makan apa, lalu saat ini lagi mikirin apa.

Lama-lama saya malas, saya hanya menuliskan ocehan-ocehan penting yang singkat jelas padat. Diary saya berubah menjadi ajang untuk curhat. Isinya khas remaja, seperti pengaduan akan tindakan bodoh yang saya lakukan di kelas, betapa sedihnya saya karena ulangan kimia saya merah lagi, bagaimana gemesnya perasaan saya ketika SMS saya tidak kunjung dibalas oleh teman saya, dan lain sebagainya. Intinya curhat sih, seperti ngobrol sama teman biasa.

Tapi kenapa saya harus menuangkannya dalam bentuk tulisan?

Lagi-lagi ya karena itu tadi, karena saya aslinya introvert. Karena saya tidak pandai bicara dengan teman. Karena saya lebih merasa nyaman berbicara satu arah pada benda mati, yang ketika itu bentuknya masih berupa buku tulis.

Beberapa tahun kemudian, dunia perinternetan semakin berkembang dan saya mulai mengenal yang namanya blog. Dengan sambungan internet telkomnet instan yang lambatnya luar biasa tapi cukup bikin saya girang bisa internetan ketika itu, mulailah saya berkenalan dengan wordpress, blogspot, dan juga livejournal.

Ntah apa yang menjadi alasan saya ketika itu, tapi akhirnya saya memilih livejournal, mengalahkan wordpress dan blogspot, sebagai rumah untuk blog pertama saya dalam hidup. Mungkin tampilannya yang simple dan juga namanya yang berbau “jurnal” membuat saya cukup tertarik.

Sejak saya punya blog, otomatis buku diary saya sering terlupakan. Saya mulai menikmati mengetik di komputer, daripada bersusah payah menulis di buku tulis, dan saya terkesan dengan kehebatan internet yang bisa membuat tulisan saya dibaca orang.

Mula-mula risih sih, tulisan curhatan ala anak SMP kog ada aja yang baca. Celotehan gak penting yang sangat terkesan labil kog ada aja yang komen.

Tapi lama-lama biasa juga. Mungkin seiring berjalannya waktu saya pun tambah tua dan tulisannya tambah bisa disaring, jadi saya lebih percaya diri untuk membagikan isi otak saya kepada publik.

Walaupun kalau boleh jujur sebenarnya sampai sekarang saya masih suka nggak enak hati kalau ada orang yang saya kenal ternyata membaca tulisan saya. Membaca keseharian saya. Membaca cerita saya.

Karena sebenarnya setiap kali saya menulis, saya tidak pernah menujukan tulisan saya itu untuk orang lain. Saya malah masih suka malu kalau ada yang baca tulisan saya. Apalagi kalau ketahuan ada yang baca, atau menemukan, blog rahasia saya (iya saya punya blog lain yang dirahasiakan keberadaannya – terus ngapain saya bilang di sini ya? anyway….) wah pasti saya panik. Langsung insecure hehehe.

Saya menulis untuk diri saya sendiri.

Saya menulis agar saya selalu ingat dengan diri saya ketika itu. Saya menulis agar di kemudian hari saya bisa membaca kembali saya yang dulu seperti apa, dan saya bisa belajar banyak dari tulisan saya sendiri. 

Iya, saya menulis dengan harapan saya bisa terinspirasi oleh tulisan saya sendiri.

Kalau ada orang lain yang terinspirasi, ya monggo, syukurlah, puji Tuhan. Tapi kalau tidak yaa.. nggak masalah, wong tujuan utamanya buat diri sendiri kog :p

Walaupuuun tentu tujuan sampingannya ya untuk memanusiakan manusia lain juga. Berbagi kan gak pernah salah, syukur-syukur saya yang masih sangat kecil ini bisa mengedukasi orang lain juga.

Atau setidaknya menghibur lah. Hehehe ^.~

ps: Why am I writing this? Click here to see the full story.

Tagged: , ,

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Day 30 : Why Do You Blog? at Eavesdrop on Me.

meta

