Day 21 : How Important I Think Education Is

August 12, 2013 § Leave a comment

SUPER PENTING!!

Untuk memulainya saya ingin terlebih dahulu membagikan tulisan teman saya yang manis di singapura yang juga menuliskan postingan dengan topik yang sama di blognya. Saya seratus persen setuju sama semua kata-katanya!!

Apparently mengenyam pendidikan di sekolah homogen yang super keras dan disiplin selama 6 tahun cukup membuat kami memiliki pendapat yang sama tentang pendidikan, terutama pendidikan untuk perempuan: bahwa perempuan juga nggak kalah sama laki-laki, bahwa perempuan harus dan wajib punya dasar edukasi yang kuat supaya kelak mereka gak harus bergantung sama orang lain alias bisa mandiri dan menghidupi dirinya sendiri.

Andaikan memang ujung-ujungnya perempuan cuma masak-masak di dapur atau ngurus anak, ya itu masalah nanti. Hidup kan pilihan. Asal jangan sampai dia jadi ibu rumah tangga cuma karena dia merasa “nggak bisa apa apa“. Atau even worse, karena orang lain ngejudge dia nggak bisa apa-apa!!

(yang mana banyak terjadi kan di keluarga keluarga kurang terbuka, begitu melihat anak putrinya bertumbuh besar dan cukup cantik untuk merayu laki-laki, instead of disuru cari kerja malah langsung dinikahi sama siapaaa gitu)

Lagipula menurut saya, jadi ibu rumah tangga pun harus pintar. Harus terdidik. Harus punya wawasan luas. Kalau ibunya nggak pintar, gimana bisa menghasilkan anak-anak yang pintar?

Ibu saya juga bukan sosok wanita karir yang punya jabatan luar biasa di perusahaan, tapi buat saya beliau sangat pintar seperti namanya hehehe. Dan saya nggak inget satu momen pun di mana saya nanya sesuatu ke ibu saya dan beliau nggak bisa jawab. Dia kayak ensiklopedi. Semuanyaa tahu.

Makanya saya suka agak miris kalau denger kisah anak-anak kecil yang putus sekolah dengan alasan biaya, terutama karena dia perempuan! Kalau anak laki-laki masih dibela-belain disuru sekolah. Tapi kalau anak perempuan, ah toh besarnya nanti bisa dinikahi dengan siapaa gitu.

Uhuk kalau baca artikel kaya gini rasanya pengen cepet-cepet bikin sekolah gratis khusus buat anak perempuan terus didoktrin deh semuanya biar bisa jadi jagoan dan berwawasan luas. Gak boleh manja! Kalo perlu orang tuanya disuru sekolah lagi aja biar mindsetnya berubah.

Sounds feminist enough?

Ehehe bukan feminist aliran keras kog. Cuma nggak suka aja kalau denger perempuan terlalu lembek dan jadi korban pelecehan gender. Kalo gagal dikit langsung dilempari celotehan, “Ah cewek sih..

Kayanya emang saya besar di lingkungan yang mengajarkan bahwa perempuan itu harus mandiri sih. Baik di sekolah maupun di keluarga. Tapi saya suka kog akan hal itu, dan juga setuju. Who run the world? Girls!

ps: Why am I writing this? Click here to see the full story.

Tagged: , , ,

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Day 21 : How Important I Think Education Is at Eavesdrop on Me.

meta

