Day 5 : Your Views on Religion

May 24, 2013 § 2 Comments

Lahir di keluarga yang sangat menghargai keragaman budaya dan agama, saya dari kecil merasa bahwa agama lebih ke arah… ajaran.. dan aturan… dan gaya hidup. Saya merasa demikian karena kalau ditanya soal belajar agama, pasti saya ingetnya tentang pengalaman gimana saya dulu sekolah minggu, dites ayat ayat hafalan sama bu guru, belajar buat ulangan agama di sekolah, sampe ngafalin tata cara ibadah agama lain.

Mengapa bisa begitu? Karena walaupun keluarga saya Kristen Protestan, saya dari kecil selalu masuk sekolah Katolik dan somehow teman teman saya juga banyak yang Katolik. Saya inget pernah ada satu titik dalam hidup saya di mana saya lebih hafal jenis jenis sakramen dalam agama Katolik daripada istilah istilah dalam Kristen Protestan. Sampai sebelum saya ke Korea ini bahkan saya masih suka salah baca Doa Bapa Kami di gereja karena kebolak balik sama versi Katoliknya. Heheh dan pas SMA dulu, secara ajaib sekolah saya yang keren itu nggak ngajarin agama Katolik secara khusus melainkan ngasih pelajaran Religiositas, yang intinya adalah membahas sebuah topik tertentu tiap minggunya dan kemudian dilihat dari sudut pandang masing masing agama. Misalnya, topik minggu ini adalah pernikahan. Yaaaaudah, dibahas deh pernikahan di agama Islam gimana, maknanya dalam ajaran Buddha gimana, yang harus disiapkan sebelum melakukan pernikahan itu dalam versi Kristen apa aja, dan seterusnya. Saya inget di buku pelajaran saya itu dibahas juga tentang sudut pandang dari agama Kong Hu Cu ehuhehe.

Kalau dipikir pikir agak keren sih waktu itu, di saat sekolah lain memfokuskan agama dalam satu ajaran saja, kami gadis gadis yang hobinya duduk sembarangan di lantai ini malah dipaksa membuka mata akan enam ajaran agama yang ada di Indonesia. Eh wait, ada animisme dinamisme juga kah waktu itu? O.o hmm agak lupa.

Tapi ya anyway.. dengan semua keabsurdan dan pencampuradukan ajaran agama itu untungnya itu nggak bikin saya malah ragu sama Tuhan. Karena saya tau Tuhan yang saya andalkan itu datang ke dunia pure untuk mengajarkan cinta kasih, bukan bawa bawa label agama tertentu, atau dalam hal ini agama Kristen. Hehehe lagipula… kalau memang ada satu hal yang bisa saya simpulkan dari semua yang sudah saya resapi selama hidup saya yang bahkan belun seperempat abad ini (YEAY!), itu adalah fakta bahwa….. semua agama mengajarkan kebaikan. Semua agama ingin dunia ini damai macamnya para kontestan Miss Universe yang mencitacitakan world peace. Nggak ada agama yang ngajarin perang, nggak ada agama yang ngajarin cara memaksa orang untuk pindah ke agama lain.

Topik yang berat, I know, apalagi mengingat saya menulis ini via HP dalam penantian saya boarding di airport hihihi. Nggak nggak.. bukan mau pulang ke Jakarta kog. Cuma mau kabur sebentar dari Seoul. Anyway, have a blessed day and happy happy weekend semua!

ps: Why am I writing this? Click here to see the full story.

Tagged: , ,

§ 2 Responses to Day 5 : Your Views on Religion

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Day 5 : Your Views on Religion at Eavesdrop on Me.

meta

