I was so shocked I just had to blog this….

December 17, 2012 § Leave a comment

To begin with, gue ingin ngestate bahwa seumur-umur gue enggak pernah kehilangan benda penting. (kehilangan orang penting sih sering :p ) Tuhan kayaknya tahu gue bisa sangat blank dan syok kalau kehilangan sesuatu, jadi Dia selalu jagain barang-barang di sekeliling gue. HP gue rusak sering, tapi sejauh ini belum pernah hilang. Dompet.. juga enggak pernah hilang beserta isi-isinya. Pernahnya palingan dompet kosong yang ga dipake hilang keselip di rumah. Passport, ID card, KTP, SIM, semuanya juga aman sejak lahir. Laptop juga aman. Kendaraan bermotor… rusak sering, mogok pernah, tapi hilang puji Tuhan enggak pernah. Satu-satunya kehilangan gue yang lumayan resek adalah buku tabungan BCA, yang mana yah… itu sensasinya bukan panik, melainkan sebel aje pake ilang segala.. duit juga cuma berapa puluh ribu rupiah…

Anyway.. gue ngeblog ini karena tadi sore acara makan-makan gue dengan teman gue berubah nestapa gara-gara dia kehilangan barang-barang pentingnya secara sekaligus. Yang hilang adalah Samsung Galaxy Tab, Blackberry Torch, kunci mobil beserta STNK dan tiket parkir, serta dompet berisi KTP, SIM, kartu kredit, dan kartu ATM. Lengkap? Banget. Itu kalo diandaikan menu di KFC udah menu super sangat kombo banget deh.. semuanya ada.

Ceritanya kami lagi makan di Fish n Co di dalam EX. Kami duduk di kursi kami jam 17.30, mulai mesen jam 17.33, barang-barang tersebut dicuri pada pukul 17.36, dan kami sadar barang-barang tersebut hilang jam 17.54. Kenapa gue bisa hapal timingnya? Karena setelahnya kami menghabiskan sekitar satu jam lebih cuma buat ngeliatin CCTV EX.

Barang-barang tersebut ditumpuk jadi piramid dengan beralaskan Galaxy Tab sebagai “nampan” dan ditaro di tempat duduk di samping kanan temen gue. Biasanya dia taro di meja, tapi mejanya super mungil jadi dia terpaksa taro di kanannya. Gue.. yang duduk di depannya persis, ofkors ngeliat proses dia menurukan dari meja dan meletakkan barang-barang itu di kanan dia. Tapi jujur gue enggak lihat jelas keberadaan barang-barang itu karena kehalangan meja. Dan di belakang tempat kami duduk, lebih tepatnya di belakang temen gue itu duduk, adalah restoran lain yaitu AW. Apesnya, tempat duduknya temen gue itu emang bukan sofa, melainkan.. kursi panjang gitu yang senderannya ada bolongannya. Jadi emang sangat memungkinkan banget untuk orang lain ngambil barang dari belakang temen gue.

Nah sekarang pertanyaannya, kapan diambilnya, gimana cara ngambilnya, dan kenapa gue sebuta itu? Huhahah jujur pas temen gue lagi makan dan sadar barang-barangnya ilang, gue masih santai bilang, “Ah jatoh kali ke belakang…”

Tapi then kami cek.. nggak ada. Gue tetep dengan cool bilang, “Gue miskol ya hp lo..” Dan ternyata HPnya mati. Okeh… kalo hp lenyap dan hpnya mati, biasanya emang terjadi sesuatu yakni beneran dicuri kan? Kayanya ga mungkin sekedar jatoh ke belakang lalu dia mati sendiri. Maka gue pun mulai panik.. mampus.. beneran ilang nih?

Temen gue pun mulai manggil petugas Fish n Co dan langsung liat CCTV internalnya Fish n Co. Sementara itu gue….. masih…. lanjut makan. Oke kurang tau diri memang tapi gue agak enggak tanggap tadi itu. Jadi gue masih berusaha ngabisin ikan gue yang segede dosa dan menyeruput es teh manis gue. Sampe akhirnya temen gue dateng lagi bilang, “Sal, tolong bayar semuanya ya. Gue mau lapor security dulu.”

Emang temen gue rada-rada galak, nada ngomongnya kagak pake senyam senyum dan isinya cuma perintah. Gue pun langsung bayar ke kasir dan ngintilin dia lapor security. Hal pertama yang paling dikhawatirkan sih mobil hilang, soalnya itu ada kunci, STNK, dan tiket parkirnya pula. Jadi temen gue langsung ngeblokir Secure Parking dan bilang supaya nomor polisi itu ga boleh meninggalkan gedung. Habis itu sambil tergopoh gopoh ke provost dan ngecek CCTV gedungnya EX dia pun sibuk ngeblokir kartu kredit dan kartu ATMnya.

Hasil penelitian dari CCTV yang udah dizoom in berkali kali tapi tetep nggak jelas gambarnya (karena posisi kami pas di blind spotnya si kamera.. emang apes nian) adalah pelaku emang melaksanakan aksinya sambil nunduk. Jadi dia ambil posisi di belakang punggung temen gue, yakni duduk di bagian restoran AW, lalu pura pura nunduk seolah mau benerin sepatu ato gimana, terus tangannya meraih barang-barang temen gue itu. Gue sendiri.. emang dari awal si barang-barang temen gue itu ketutupan meja.. jadi dari tempat gue tuh enggak keliatan apa apa. Dan itu bikin para security geregetan karena I was the only saksi mata tapi gue gak bisa ngasi keterangan yang oke… huhu maaf ya.

Kalo dipikir-pikir emang iya sih, jarak gue sama pencurinya cuma satu meter loh. Kalo temen gue sih wajar ga sadar, dia membelakangi pelaku. Tapi gue.. gue mustinya sadar ada yang deketin temen gue. Cuma ya itu, posisi barang-barang temen gue dan si pelaku yang nunduk bikin mereka semua masuk dalam area blind spot mata gue.

Temen gue mulai nyerah ngeliatin CCTV sekitar tiga jam setelah peristiwa, dan akhirnya petugas security bantuin dia bikin surat laporan hilang. Ga nanggung nanggung yang harus diurus: SIM, KTP, STNK, ATM, kartu kredit. Belum lagi data-data super penting yang tersimpan rapi di tabletnya, dan ratusan contact di BBnya.. bisa dipastikan besok dia bakal kepusingan kerja dan jadi super annoying karena nggak bisa dihubungi oleh orang-orang kantor..

Gue pun berhasil meloloskan diri dari kepanikan sesaat ketika keluarga dia dateng untuk bawain kunci serep mobil dan lanjut ke kantor polisi buat bikin laporan ini itu.. Dan di sini lah gue menuliskan semuanya sebelum gue lupa di kemudian hari, betapa Tuhan baik sama gue gak pernah ngebiarin gue kehilangan benda penting, tapi Dia juga ingetin gue bahwa gue jangan keenakan berasa dijagain, mbok ya gue juga bantu jagain barang orang lain, apalagi yang posisiniya tepat di depan mata gue >.<

Phew begitulah. Kayaknya tadi itu menjadi pengalaman makan di Fish n Co yang pertama dan terakhir kalinya deh buat gue… Orang lain yang kehilangan, gue yang trauma heheheh. Selamat malam semua.

Tagged:

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading I was so shocked I just had to blog this…. at Eavesdrop on Me.

meta

