Belajar di Luar Sekolah

November 21, 2012 § 3 Comments

Topik yang menginspirasi kawan saya untuk membuat postingannya duluan (lihat di sini), dan sekarang giliran saya untuk menulis sebentar.

 

 

Berikut adalah kursus yang pernah saya ambil dalam hidup saya sejauh ini…

1. Les Organ di Serafica (Jakarta, 1994-1995)

Kenapa les: ngefans sama ompung yang suka main piano di rumah, dan mupeng liat kakak yang udah dilesin musik duluan. gak kesampean langsung les piano karena kebetulan di tempat les yang diinginkan itu adanya organ doang…

Alasan berhenti: pengen nyobain les piano dan juga karena musti pindah ke Bandung

Hasil les: bisa baca not balok dan lagu lagu dasar (Beyer)

 

2. Les Menyanyi di Serafica juga (Jakarta, 1995-1996)

Kenapa les: terinspirasi dari tante dan sepupu sepupu yang jago nyanyi

Alasan berhenti: bosan dan lesnya kebanyakan berubah menjadi belajar nada, bukan mengolah vokal (masih kecil udah belagu)

Hasil les: terbiasa baca not angka

 

3. Les Piano di Melodia (Bandung, 1997-2000)

Kenapa les: udah kepalang tanggung belajar organ, naikin lah levelnya dikit jadi piano. sekalian untuk terus menjaga keseimbangan otak kanan dan kiri. tapi alhasil malah dianggep belajar piano dari awal..

Alasan berhenti: pindah ke Jakarta

Hasil les: sempet recital piano sekali, dapet status “level 1” di standar piano royal, dan bisa main lagu-lagu yang lumayan dikenal publik macemnya Santa Lucia dan Love Story

 

4. Les Piano di deket rumah (Jakarta, 2000-2001)

Kenapa les: niat mau masuk sekolah musik Yayasan Pendidikan Musik (YPM) tapi tahun ajarannya belum buka, jadi untuk sementara les di sini dulu aja

Alasan berhenti: masuk YPM

Hasil les: puji Tuhan masih inget lagu lagu yang sudah dipelajari selama ini walaupun telah melampaui jarak dan waktu

 

5. Les Piano di YPM (Jakarta, 2001-2008)

Kenapa les: sayang kalo ga dilanjutin pianonya…

Alasan berhenti: terbang ke Korea

Hasil les: bisa mencintai musik klasik dan indera pendengaran semakin terasah

 

6. Les Bahasa Inggris di AECS Pancoran (Jakarta, 2001-2004)

Kenapa les: malu sama temen-temen, masa nulis 1000 aja masih one tauzen..

Alasan berhenti: sadar bahwa tempat les di situ kurang asik dan pelajaran bahasa Inggris di sekolah malah lebih maju

Hasil les: mengenal daerah Pancoran (ketika itu pengetahuan saya tentang Jakarta masih minim sekali)

 

7. Les Renang di Hotel Indonesia – BUKAN bunderan HI (Jakarta, 2003-2005)

Kenapa les: dipaksa papa, beliau ingin anaknya sehat bugar dan siap melawan banjir

Alasan berhenti: Hotel Indonesianya tutup, renovasi jadi Kempinski dan Grand Indonesia

Hasil les: menguasai 4 gaya renang dan bisa salto dalam air, sayang semuanya udah ngelupas dari otak saya dan sekarang saya kembali ke gaya katak bebas saja…

 

8. Les Bahasa Belanda di Erasmus Huis (Jakarta, 2004-2005)

Kenapa les: lagi lagi terinspirasi dari ompung yang fasih bahasa Belanda, plus bosen di rumah bengong doang..

Alasan berhenti: mau naik kelas tapi kurang murid jadi kelasnya dibatalkan

Hasil les: bisa nulis surat panjang dalam bahasa Belanda dan udah belajar past tense segala macem, tapi lagi lagi sayang… sekarang saya bisanya ik ben sali doang……

 

9. Les Salsa di Senayan Trade Centre (Jakarta, 2005-2006)

Kenapa les: dorongan kuat untuk menggerakkan tubuh di akhir pekan dan ajakan menarik dari teman teman SMA

Alasan berhenti: naik kelas 3 SMA dan harus mulai konsentrasi belajar sesuatu yang akan beneran berguna di masa depan…

Hasil les: bisa pake high heels dan basic stepsnya salsa: one-two-three, five-six-seven

 

10. Les TOEFL di Pondok Indah (Jakarta, 2006-2007)

Kenapa les: persiapan mencari perguruan tinggi

Alasan berhenti: udah selesai ujian TOEFL

Hasil les: walopun pronunciation masih suka kacau tapi at least baca tulis bahasa Inggris udah sesuai ejaan yang baik dan benar

 

11. Les Nyetir di Ulisa (Jakarta, 2006-2007)

Kenapa les: papa ingin anaknya mandiri (alias papa gak mau nyupirin sali lagi huuu) namun dirinya gak bisa ngajarin sendiri, jadi terpaksa dititipkanlah sang anak di ulisa

Alasan berhenti: udah bisa nyetir

Hasil les: puji Tuhan bisa bawa mobil sendiri dan belum pernah memakan korban jiwa

 

12. Les Bahasa Korea di Slipi (Jakarta, 2007-2008)

Kenapa les: karena akan pergi ke Korea

Alasan berhenti: karena sudah saatnya untuk pergi ke Korea

Hasil les: bisa memperkenalkan diri di hari pertama kuliah dan dapet temen orang Korea

 

13. Les Renang di Sport Center Kyungsung (Busan, Maret-Juni 2011)

Kenapa les: dapet musibah sakit penyakit banyak banget di awal tahun 2011 termasuk cacar air, dan mendadak sadar tubuh ini perlu diolah raganya

Alasan berhenti: liburan summer pulang ke Indonesia jadi lesnya stop

Hasil les: berhasil mengembalikan ingatan akan gaya punggung dan gaya kupu-kupu untuk beberapa saat (tapi coba suru praktekkan kedua gaya itu lagi sekarang….. ahahaha pasti gagal)

 

14. Les Drum di Dangsan (Seoul, Juli-Agustus 2012)

Kenapa les: butuh pengalihan perhatian akan stressnya hidup di Seoul dengan kerjaan dan status baru

Alasan berhenti: dikirim ke Indonesia dari kantor

Hasil les: seperti yang pernah saya bahas di postingan sebelumnya, yaah lumayan bisa ngiringin lagu standar 4 per 4 ala Kidung Jemaat

 

 

Beberapa les yang ingin saya ambil di masa depan…

1. Drum

Maksudnya sih pengen ngelanjutin yang udah dimulai ini. Pengen mulai ngelanjutin sekarang di Jakarta, tapi stik drumnya ketinggalan di Seoul (yaa kalo emang niat ya tinggal beli lagi lah ya sal)

2. Masak

Gak musti masuk institusi beneran sih, rasanya belajar masak sama oma ato mbak di rumah juga udah cukup. Kalo ga kasian kan anak suami gue di masa depan cuma makan McD dan delivery Pizza Hut tiap hari…

3. Mandarin

Saya akui saya setengah cina, tapi saya mau banget deh ditawarin sekolah bahasa gratis gitu ke Cina (alias jalan-jalan gratis).. hehehe ada yang mau pergi sama saya gaaak…

 

Tagged:

§ 3 Responses to Belajar di Luar Sekolah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Belajar di Luar Sekolah at Eavesdrop on Me.

meta

%d bloggers like this: