Greetings from Indonesia

September 19, 2012 § 1 Comment

Aloha horas annyonghaseyomm!

Setelah kurang lebih dua minggu saya menapakkan kaki kembali di tanah air, akhirnya sempet juga berkoar-koar di sini lagi. Sedikit update tentang diri sendiri, kini saya bisa tidur dengan nyaman di kamar saya yang sebenarnya di rumah, saya tidak lagi khawatir gak punya bahan makanan kalau pulang kantor, saya bisa dengan leluasa menggunakan bahasa Indonesia sehari-hari ketika bekerja, dan saya gak perlu takut sama angin badai topan serta suhu dingin yang melanda semenanjung Korea.

Kantor saya yang di Korea sedang menjalin hubungan pra nikah dengan sebuah stasiun TV ternama yang terletak di daerah kebon jeruk, dan saya pun tiap hari ngantor ke gedung stasiun TV ini.

Sebagai pengingat kembali, rumah saya letaknya di Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur, dan si kebon jeruk ini letaknya di Jakarta Barat. Jadi tiap hari saya harus pulang pergi mengarungi neraka jahanam Jakarta, yang mengakibatkan saya harus berangkat dari rumah sekitar jam 6.30 pagi dan baru tiba lagi di rumah paling cepat jam 8 malam.

Untuk kerjaannya sendiri.. banyak teman saya yang penasaran apa sih yang saya lakukan di Jakarta? Ngakunya market research, terus faktanya ngapain aja?

Well yah.. dengan status saya yang baru di tim ini sih, memang saya akui banyak hal yang belum saya ngerti dari tugas tugas saya sendiri. Tujuan utama kedatangan saya dan atasan saya adalah buka cabang di Jakarta, jadi kegiatan kami saat ini adalah mencari dan mengumpulkan banyak info tentang harga buka call center, gaji karyawan di Indonesia berapa, kalau mau bikin warehouse kira-kira enaknya di mana, untuk distribusi barangnya lebih baik menggunakan jasa apa, regulasi mendirikan PT itu bagaimana, dan masih banyak lagi hal-hal lain yang berkaitan dengan proses lahir barunya kantor saya di negeri ini.

Nah itu sih kerjaan saya secara.. garis besarnya. Tapi kalau ditanya secara spesifiknya…. kerjaan saya sih ya….. bikin laporan. Semua informasi yang terkumpul harus kami ringkas dalam selembar PPT atau Excel file, yang lantas diteruskan ke Seoul. Biasanya sih saya kumpulkan semua info dalam bahasa Indonesia dan Inggris, lalu saya susun dengan bahasa yang mudah dimengerti, dan saya jelaskan juga kepada atasan saya. Lalu kemudian atasan saya yang mengubahnya menjadi bahasa Korea dan menyampaikannya pada bos serta raja segala raja kami di Seoul sana.

Dibandingkan dengan kerjaan saya di Korea dulu…. kerjaan di sini jauh lebih sibuk. Tanggung jawab lebih besar juga, karena tim kami di sini hanya terdiri dari saya dan atasan saya. Jadi hanya kami berdualah yang diandalkan oleh kantor kami di Seoul. Perjuangan mencapai dan meninggalkan gedung kantor juga super berat, mengingat macetnya Jakarta bisa bikin rambut pada rontok.

Tapi overall, saya jauh lebih hepi di sini ehehehe. Saya sangat terbiasa dengan orang-orangnya, saya sangat menikmati makan siang saya yang dihiasi dengan sambel dan kerupuk setiap harinya, saya suka harga barang-barangnya yang super murah (kecuali kalau jajan di mall), dan most of all, saya punya keluarga dan teman-teman yang sangat senang menyambut kepulangan saya. Ada satu lagi sih hal tambahan yang bikin saya makin happy, tapi itu saya ceritakan kemudian deh hehehe.

Untuk yang masih di Korea, segeralah kembali ke pelukan ibu pertiwi!!

Dan untuk yang sudah di Indonesia, jangan stress-stress kerja! Se-stress stressnya kerja di Indonesia, tetep jauh lebih stress kerja di Korea kog. (Tiap orang beda sih, tapi menurut pengalaman saya sendiri ya begitu).

Tagged: ,

§ One Response to Greetings from Indonesia

  • Indra says:

    Dan mataku tertuju pertama kali pada kata horas. hahaha..
    Ternyata pulang tak membuat lebih ‘nyantai’ ya, tak jadi pulang ah. hihihi…
    Semangat terus kerja nya dek!!

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Greetings from Indonesia at Eavesdrop on Me.

meta

