17 Agustus…

August 18, 2011 § 1 Comment

9 tahun yang lalu tahun 2002, saya masih kelas 2 SMP dan sedang upacara bendera. Seperti biasa, saya pingsan di tengah upacara. Saya memang lemah, kena matahari dikit langsung tumbang. Tapi ketika itu peristiwa pingsannya saya lumayan berkesan, karena pada saat bersamaan Opung saya yang tercinta menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit halim.

Saya pulang sekolah naik bajaj, masuk ke gang rumah kami dan ada bendera kuning berkibar di sana.. saya turun dari bajaj dipeluki para tetangga dan disambut bujing saya dengan tangis air mata. Saya tidak tau apa apa waktu itu. Tapi yang jelas sejak itu setiap tahunnya tanggal 17 Agustus kami “upacara” di Tempat Pemakaman Umum Kampung Kandang…
Hari ini pun, sesuai rencana saya dan ibu bangun pagi pagi karena hendak ziarah menjenguk opung. Namun memang manusia berencana Tuhan berkehendak, dari pagi kucing kami yang bernama Mak Putih sakit, dia muntah muntah darah dan kelihatan seperti menahan sakit. Panik, saya dan ibu langsung membawanya ke dokter hewan. Sekitar satu setengah jam kemudian Mak Putih beres ditangani, kami pulang beristirahat dan berencana ziarah di sore harinya saja.

 

Namun sekali lagi, rencana kami batal. Tiba tiba ayah saya mendapat telepon dari RS Husada yang mengatakan bahwa namborunya mama saya, Opung Dalkit, juga menghembuskan nafas terakhirnya pada sore hari. Dalam perasaan kalut kami bergegas ke rumah sakit, dan ibu saya terlihat cukup sedih juga. Saya aja berasa dejavu, apalagi ibu saya, dia pasti teringat peristiwa 9 tahun lalu. Sepupu-sepupu ibu saya ramai tadi di rumah sakit, saya sendiri ikut menemani ibu saya sementara abang saya menjaga Mak Putih di rumah.

 

Rasanya 17 Agustus bakal bener bener jadi tanggal keramat dalam hidup saya, dan ibu saya, dan keluarga kami. Dan seluruh bangsa Indonesia juga lah ya pastinya hehehe. Dirgahayu Indonesia, best wishes.

Tagged: ,

§ One Response to 17 Agustus…

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading 17 Agustus… at Eavesdrop on Me.

meta

