Happy Anniversary Mom and Dad!

May 17, 2011 § 5 Comments

Ayah saya seorang Manado, ibu saya seorang Batak.

Ayah saya besar di Manado dan mendapatkan gelar sarjananya dari Universitas Sam Ratulangi sampai pada suatu hari datang surat panggilan wajib militer yang mengakibatkan cita-citanya untuk menjadi seorang dokter spesialis penyakit dalam kandas. Nasib melemparnya ke Jakarta, mengikuti pelatihan militer dan lain sebagainya dan di saat itulah ia memutuskan untuk berteman dengan lebih serius lagi dengan kawan lamanya, yang kemudian menjadi ibu saya.

Ibu saya besar di Pematang Siantar sampai kelas 3 SMP, lalu melanjutkan sisa masa remajanya di ibukota. Mengambil jurusan Sastra Inggris di Universitas Kristen Indonesia, aktif di kegiatan organisasi-organisasi, namun tidak berkesempatan menyelesaikan gelar sarjananya akibat tuntutan pengabdian kepada ibunya. Nenek saya menjanda sejak kakek saya meninggal akibat penyakit lever ketika ibu saya masih berumur 6 tahun saja, dan sejak itu ibu saya pun statusnya berubah menjadi part-time sister full-time father bagi empat orang adiknya. Kondisi ini membuat ibu saya menjadi wanita paling tangguh kedua yang saya kenal (setelah nenek saya) dan saya  yakin inilah yang menjadi salah satu dari sekian banyak alasan mengapa ayah saya meminang beliau.

15 Mei 1984 kedua teman lama ini pun memutuskan untuk menikah. Pernikahan yang sederhana, dengan harapan dapat dirayakan dengan meriah kelak kalau umur pernikahannya sudah mencapai 50 tahun saja. Setahun kemudian lahirlah kakak saya, Tumoutou Passah Kaunang, dan lima tahun kemudian lahirlah saya, Sangalian Jato Kaunang. Foto berikut diambil masih di era 80-an, bisa dilihat rambut ayah saya masih hitam legam dan mata ibu saya masih besar layaknya orang batak kebanyakan.

Bertahun-tahun kemudian, kedua sosok yang saya panggil mama dan papa ini mulai berubah. Ayah saya kini berambut putih cemerlang, dan didukung dengan postur tubuhnya yang tinggi, beliau sangat mudah ditemukan di tengah kerumunan orang banyak. Sementara ibu saya, entah apakah darah Batak yang mengalir dalam DNA nya kurang kuat atau bagaimana, namun kulitnya makin lama makin terang dan matanya makin lama makin sipit, mengakibatkan dirinya selalu dipanggil, “Ci.. ci.. boleh ci tasnya… ayo ci mampir sini dulu….” kalau sedang berkelana ke pusat perbelanjaan seperti Mangga Dua. Saya selalu menertawai dia dan ikut-ikutan melontarkan ejekan rasis pada ibu saya, namun kadang saya juga khawatir apakah nanti kalau saya tua saya juga akan menyipit seperti dia, karena menurut pengakuan banyak teman saya pun, sekarang muka saya semakin mencina dan mencina T__T

Kini pernikahan kedua orang tua saya sudah mencapai umur 27 tahun. Cita-cita saya adalah saya ingin sekali merayakan ulang tahun pernikahan mereka yang ke-50, bersama segenap keluarga saya dan keluarga kakak saya. Kakek dan nenek saya dari pihak ayah berkesempatan merayakan ulang tahun pernikahan emas ini beberapa tahun silam, dan saya ingat sekali ketika itu ayah, ibu, serta om tante saya sangat semangat mempersembahkan perayaan yang meriah untuk orang tua mereka. Saya ingin seperti itu. Saya ingin sekali melihat kedua orang tua saya hidup sehat, bahagia, saling mengasihi, sampai lanjut umur mereka.

Namun lebih dari itu, saya juga ingin menjadi seperti mereka! Saya ingin menjadi wanita tangguh nan keibuan yang sempurna bagi keluarga dan suami saya, dan saya mau punya suami seperti ayah saya!! Hihihihi.

Anyway, selamat ulang tahun pernikahan sekali lagi kepada Ayah dan Ibu, terima kasih untuk dukungan, ajaran, dan cinta kalian kepada kami selama ini. Kiranya Tuhan memberkati kalian selalu. Love love :*

Tagged: , , ,

§ 5 Responses to Happy Anniversary Mom and Dad!

  • ovi says:

    selamat tante tiur dan om dolly! tante tiur mukanya gak berubah ya cuma mata yg mengecil..
    eh bonyok gw jg married taon 84!

  • vani says:

    tiba2 nemuin blog ini😀 waaah, intresting posting, jgn ditanya deh, saya juga orang tua manado mukanya chinese ahaha salam kenal!

  • vani says:

    hehe sama2🙂 random lg nyari “manado” keluar blog ini.. kuliah di korea yah? enak gak? sama2 mahasiswa perantau nih kita hehe

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Happy Anniversary Mom and Dad! at Eavesdrop on Me.

meta

