Noel

April 29, 2011 § 2 Comments

Namanya Noel. Umur aslinya kira-kira 17 tahun, kalau disetarakan dengan umur manusia berarti 17 kali 7 yakni 119 tahun. Seperti bisa dilihat sendiri di gambar di atas warna kulitnya kuning kecokelat-cokelatan. Ada sedikit warna putih di badannya, dan ekornya pendek bengkok dua. Bengkokannya agak parah, benar benar berbentuk seperti kaitan sesuatu, sehingga saya ingat dulu ekornya sering nyangkut di mana-mana.

Noel adalah kucing keluarga kami sejak saya masih kecil sekali. Saya ingat dulu saya tinggal di rumah nenek saya, dan nenek serta tante saya yang paling kecil masih tinggal bersama kami, dan Noel ditemukan. Lupa persisnya bagaimana sejarah ditemukannya Noel, tapi yang pasti keluarga kami yang sangat mencintai hewan itu dengan mudah mengadopsi Noel sebagai bagian dari keluarga. Dinamakan Noel karena kami semua cinta Natal. (Noel artinya Natal). Orang bilang nama Noel tidak cocok diberikan untuk kucing, karena banyak manusia yang juga dinamakan Noel, tapi kami tidak peduli.

Di masa mudanya Noel adalah kucing yang luar biasa menyebalkan. Badannya lincah, tangannya hobi mencakar, dan ekornya selalu nyangkut. Jadi bisa dibayangkan, setiap kali dia merasa stuck di posisi tertentu akibat ekornya yang bengkok itu nempel di kawat, atau melilit pintu, tangannya otomatis mencakar segala sesuatu yang ada di sekitarnya. Kaki manusia, contohnya. Jangan berani-berani dekat Noel kalau dia sedang kesal. Darah akan mengucur dan badan akan tergores.

Noel juga tipe kucing mandiri yang tidak suka dimanja. Berkali-kali saya mencoba menggendong Noel dan mengajaknya bermain di pelukan saya, dan usaha saya berakhir sia sia. Malah saya yang rugi; pundak saya tergores gores dan bahkan leher pun bisa kena cakar. Tidak hanya sama saya, ibu, kakak, tante, dan nenek saya pun sering kena cakar Noel. Dia memang kucing yang tidak suka disayang-sayang. Tapi kami tetap menyukai Noel.

Kini Noel sudah memasuki usia senja. Bayangkan saja seorang manusia berumur seratus sembilan belas tahun, badannya sudah luar biasa rapuh bukan? Noel pun demikian. Sudah berkali-kali kena serangan stroke, kepalanya miring-miring kalau jalan, mulutnya mengeluarkan air liur berlebih, dan tentu saja jalannya sudah sangat tertatih-tatih. Terakhir saya bertemu dengan dia ketika Natal kemarin, ketika saya pulang mengunjungi rumah nenek. Saya takjub makhluk kecil itu masih kuat dan sepintas terlihat sehat. Bahkan di hari tua nya pun dia tidak butuh bantuan untuk makan, berjalan, dan bernafas. Tidak seperti manusia, yang makin tua makin nyusahin.

Namun semalam saya mimpi buruk sekali tentang Noel. Benar-benar buruk. Saya ingat saya menangis di mimpi saya, menangis sambil mengelus-elus Noel yang sudah sekarat. Noel bukan kucing favorit saya; kucing kesayangan saya namanya Poussy. Tapi tetap saja, mengingat begitu banyak kenangan masa kecil saya terlewati dengan Noel, dengan begitu banyak bekas cakarannya pada tubuh saya, saya tidak rela Noel mati begitu saja. Di mimpi saya Noel yang sudah sepuh sesak napas, dan tergeletak di atas meja sementara kami terus mengelus-elus dia. Mimpi yang kejam, bisa dibilang.

Dan pagi ini pun saya terbangun dalam keadaan lelah, dan juga setengah sadar apakah itu mimpi atau bukan. Saya cek hape saya, tidak ada berita apa-apa dari ibu, itu artinya kucing-kucing kami dalam keadaan sehat walafiat. Syukurlah, kata saya dalam hati. Saya harap saya masih bisa bertemu Noel, Poussy, Toksie, dan kucing-kucing lainnya kalau saya pulang nanti (entah kapan itu, hanya Tuhan yang tahu).

Tetaplah sehat adik-adik (atau opung-opung, mengingat umurnya yang banyak?) yang manis, istirahat cukup dan makan yang banyak! Maaf aku tak bisa berbuat apa apa dari nun jauh di sini, aku yakin The Goeritnoes mengurus kalian dengan baik   :*

Tagged: ,

§ 2 Responses to Noel

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Noel at Eavesdrop on Me.

meta

