mulutmu harimaumu vs SALAH SENDIRI

October 21, 2008 § Leave a comment

konon kata ibu saya istilah mulutmu harimaumu itu sudah populer dari jaman Indonesia baru merdeka, soalnya ibu saya sering dapet ceramah singkat dari ibunya lagi di jaman mereka berdua masih muda dulu. saya sendiri sih baru kenal istilah ini sejak salah satu provider henpon di indonesia meminjamnya sebagai slogan untuk iklannya.

nahh bicara tentang istilah ini, ibu saya selalu bilang bahwa manusia harus selalu hati-hati dengan kata-kata yang keluar dari mulutnya. kalau ga tau apa-apa, mendingan diem aja deh. kadang menutup mulut itu jauuuhhh lebih baik daripada ngomong sepatah kata.

dan dikaitkan dengan beberapa kejadian yang terjadi dalam hidup saya belakangan ini, mungkin istilah mulutmu harimaumu emang bener-bener harus disosialisasikan lagi kepada orang-orang. berawal dari salah satu teman saya yang bercerita bahwa dia terlibat perang mulut dengan temannya hanya karena temannya mengatakan sesuatu yang tidak pantas dia katakan, sampai saya sendiri yang sering merasa sakit hati gara-gara teman dekat saya sendiri yang suka salah ngomong dan membuat saya sedikit terdiam sambil tersenyum masam.

kadang kalau sudah begini, saya suka langsung marah dalam hati dan bilang,

“Kurang ngajarrr, gak tau apa-apa kan lo tentang gue, berani-beraninya ngomong kaya gitu..”

trus nanti abis hati saya berkobar-kobar dan marah kaya gitu, saya merasa seneng dan puas banget tuh. rasanya enakk gitu bisa seenaknya ngamuk-ngamuk sama orang lain dalam hati. tapiiii aneh bin ajaib, tiba-tiba salah satu sisi lain dalam hati saya ga rela liat saya nyalahin orang lain dan dia turut ikut campur dengan membela,

“Ya wajar aja dia ngomong kaya gitu, dia emang beneran ga tau apa-apa tentang lo. Dia mau tau, tapi lo nya ga mau kasi tau. Lo nya yang terlalu tertutup, makanya jangan berharap dia ngertiin lo. Nah, kalau uda gini, sapa yang mau disalahin?”

—“

Oct 21, 2008 12:34 AM

Tagged: , , ,

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading mulutmu harimaumu vs SALAH SENDIRI at Eavesdrop on Me.

meta

