fals

August 26, 2008 § Leave a comment

beberapa hari (atau beberapa minggu, kurang ingat juga) setelah saya ulang tahun bulan november tahun 2007 lalu, seorang teman baik dan teman laki-lakinya menjemput saya dan kami meluncur ke daerah Jakarta Pusat.

di dalam mobil, teman baik saya bilang, “Mon gue punya kado ulang taun buat lo. Liat sini nih..” sambil menunjuk ke arah gelap di antara kedua jok mobil di depan saya.

dengan bantuan penerangan dari henpon teman baik saya itu, saya dapat melihat sebuah aquarium kecil berisi air dan dua ekor makhluk kecil yang sedang berenang-renang di dalamnya.

refleks, saya kaget. sedikit panik, saya bertanya, “APAAN NIH TIK?!”

dengan tawa merebak, teman baik saya menjawab, “Ini ikan mon, dan ini kado ulang taun lo. selamat ulang taun ya mon, awas lo sampe ni ikan ga dijaga baik baik. gue marah loh mon.”

dan begitulah sejarah singkat kepemilikan saya atas kedua ekor ikan mas koki mungil mungil yang sekarang sudah tidak mungil lagi dan sepakat dinamai iwan dan fals.

setau saya, hidup iwan dan fals bahagia aman dan tentram tentram saja. meskipun saya sudah lama tidak menyapa mereka tiap pagi berhubung saya sudah terlempar ke negara antah berantah ini, saya tau ibu saya di rumah rajin mengajak mereka berbicara dan mengurus mereka dengan baik.

sayangnya, ada pihak tak bertanggung jawab yang merusak masa depan iwan fals saya. mereka adalah petugas listrik!! huaaaa.

ceritanya, sekitar dua minggu yang lalu ibu saya pulang sehabis berjalan jalan ngaapain ga tau mendapati iwan fals lagi sesak napas di kolamnya sementara lampu di rumah mati semua. grrrr.

dengan heroik ibu saya nekat membawa iwan fals beserta toples mungilnya meluncur ke rumah tante saya, yang dipercayai memiliki fasilitas baik untuk mengurus ikan plus energi listrik yang memadai. benar-benar tampak jagoan, ibu saya bahkan memeluk toples iwan fals itu dengan hanya dilapisi kantong plastik sementara dirinya dibonceng abang ojek!! yihiyy!! go mama go mama goo!!

tiba di rumah tante saya, baju ibu saya basah semua akibat air dari toples yang dipeluknya muncrat ke mana mana, sementara iwan fals segera diberikan perawatan terbaik serta aquarium yang lebih layak. kali ini iwan fals bisa berenang secara puas. tidak hanya bisa berputar putar seperti ketika masi berada di toplesnya yang mungil, kini mereka bisa berkelana ke pojok pojok aquarium dan bertemu teman sebangsanya yang juga mungil mungil.

namun sayang, kebahagiaan iwan fals dan ibu saya terpaksa direnggut oleh Tuhan beberapa jam yang lalu.

ketika saya sedang asik memilih keset baru untuk dibeli di toko Daiso tadi sore, masuklah sms ibu saya yang berbunyi, “sali, fals sudah meninggal.”

menyusul dengan pesan pendek itu, tante saya juga mengatakan lewat facebook bahwa mereka telah mengubur fals dibawah pohon dan diberi penanda sehingga saya masi bisa mengunjunginya kalau saya pulang nanti (yang mana masi lama banget dan kemungkinan besar kuburannya juga uda digaruk sama kucing kucing tante saya).

well yah.. memang kematian fals begitu tiba-tiba dan tidak jelas apa penyebabnya (tante saya yakin bukan karena stress dan jelas jelas bukan karena mati lampu). namun tetap saja segenap sanak saudara saya di jakarta sibuk minta maaf sama saya.. katanya mereka yakin saya akan merasa sangat sedih dan kehilangan.

jujur, iya tentu saja saya sangat menyayangi iwan fals saya. tapi karena campur tangan dalam pembersihan toples dan pemberian makan lebih sering dilakukan oleh ibu saya, saya yakin seratus persen ibu sayalah yang lebih sedih dengan kematian ikan saya ini.

jadi.. untuk mama..

jangan sedih ya ma. ga usa merasa bersalah juga. mama mustinya bangga, itu ikan mas koki bisa bertahan berapa bulan.. hampir setaun kali. tua juga kan. hebat hebat. titip salam ya buat iwan. semoga dengan ketidakadaan fals sekarang, dia bisa bernyanyi dengan suara yang lebih merdu dan ga pake fals fals segala😀

Aug 26, 2008 12:41 PM

Tagged: , ,

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading fals at Eavesdrop on Me.

meta

